Menu Close

Tugas dan Fungsi Divisi di PSLD UB

Tugas dan Fungsi Divisi di PSLD UB

  1. Ketua

Ketua berfungsi sebagai coordinator kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing divisi. Seorang ketua memiliki wewenang untuk mengevaluasi kinerja anggota setiap divisi dan keluaran (output) dari setiap kegiatan yang telah dilakukan oleh setiap divisi.

  1. Sekretaris

Sekretaris berfungsi sebagai asisten pimpinan untuk penyelenggaraan kegiatan administrative yang akan manunjang kegiatan manajerial seorang pemimpin atau kegiatan operasional organisasi. Tugas sekretaris, yaitu: 1) melaksanakan korespondensi (menerima dan mengirim surat-surat termasuk telepon, telegram dan facsimile); 2) menyimpan arsip-arsip yang dinilai penting; 3) membuat jadwal pertemuan dan perjanjian-perjanjian pimpinan dengan pimpinan dari lembaga atau organisasi lainnya; 4) menyiapkan bahan-bahan keterangan sesuai dengan kebutuhan pimpinan dalam rapat maupun kegiatan lainnya; 5) bertindak sebagai perantara antara pimpinan dengan anggota divisi dalam Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya.

  1. Bendahara

Bendahara berfungsi sebagai penanggung jawab keuangan. Bendahara memiliki tugas, yaitu:

1)      Mengkoordinasikan penyusunan rencana kegiatan;

2)      Menyiapkan sumber-sumber anggaran;

3)      Melakukan pengelolaan pendapatan dan belanja.

  1. Divisi Pelayanan
    1. Konseling:

Memberikan layanan pada mahasiswa dengan selalu mendampingi mahasiswa terutama ketika mendapat kesulitan dalam pelajaran, dalam pergaulan, masalah keluarga dan masalah pribadi. Layanan konseling bertugas membantu mengurai masalah terutama yang terkait dengan kondisi psikis yang sedang dihadapi oleh mahasiswa. Dengan layanan ini, mahasiswa dapat menjalani proses belajar-mengajar dengan baik tanpa gangguan masalah psikis yang dialaminya sehari-hari.

  1. Pendampingan:

Bertugas mempersiapkan pendamping bagi mahasiswa penyandang disabilitas dan mengatur jadwal mereka. Sub-bidang ini bertugas memberikan monitoring kepada para pendamping perihal partisipasi dan kualitas pendampingan bagi mahasiswa penyandang disabilitas. Dengan sub divisi ini, duharapkan mahasiswa penyandang disabilitas terlayani dengan baik dan mampu menghadirkan pendamping yang baik dan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan mahasiswa penyandang disabilitas.

  1. Tutorial

Memonitoring perkembangan akademik mahasiswa penyandang disabilitas, dan memberikan tutorial kepada mereka yang dinilai ketinggalan secara umum. Mengatur, menjadwalkan dan memonitor tutor khususnya untuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris bagi mahasiswa tuna rungu dan tuna wicara.

  1. Divisi Kajian
    1. Penelitian dan Kajian

Penelitian dan Kajian :

a)      Bertanggungjawab melakukan kajian dan penelitian tentang isu-isu disabilitas baik pada skala nasional ataupun internasional;

b)      Mengkoordinir kegiatan penelitian, baik yang dilakukan oleh pihak PSLD UB ataupun pihak umum;

c)       Memberikan bimbingan dan mengawasi peserta magang;

d)      Melakukan sosialisasi jurnal disabilitas;

e)      Mengkoordinir artikel/tulisan tentang disabilitas yang akan dipublikasikan dalam jurnal disabilitas.

  1. Jurnal dan Publikasi Ilmiah

Jurnal dan Publikasi Ilmiah: bertanggung jawab untuk menerbitkan jurnal disabilitas baik secara online maupun cetak. Mengkoordinir tulisan dan melakukan review tulisan yang terkait disabilitas untuk diterbitkan dalam jurnal ilmiah.

  1. Pengembangan Inclusive Education

Pengembangan Inclusive Education: bertugas mengadakan kegiatan seperti workshop, seminar dan kegiatan lainnya yang terkait promosi hak-hak penyandang disabilitas dan pengembangan pendidikan inklusif. Memberikan pelatihan bagi volunter dan mahasiswa perihal disability awareness.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Page Reader Press Enter to Read Page Content Out Loud Press Enter to Pause or Restart Reading Page Content Out Loud Press Enter to Stop Reading Page Content Out Loud Screen Reader Support