PSLD-UB Buka Stan Di Ajang Pameran Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Masyarakat meminati informasi dan program yang ditawarkan PSLD-UBUniversitas Brawijaya (UB) turut berpartisipasi dalam Pameran Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur ini dipusatkan di Royal Plaza Mall Surabaya selama tiga hari (31/8-2/9). Disampaikan Sekretaris Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) UB, Slamet Thohari, S.Phil, MA, UB merupakan satu-satunya kampus yang hadir di sana. Dalam kesempatan tersebut pihaknya memamerkan berbagai informasi serta program yang dijalankan oleh PSLD seperti SPKPD (Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas).

Fashion show diikuti penyandang disabilitasPada penerimaan tahun 2012 ini, SPKPD menerima 15 mahasiswa baru yang ditempatkan pada berbagai fakultas diantaranya Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK). “Kami tidak sekedar memenuhi target untuk menerima 20 mahasiswa difabel seperti yang direncanakan tapi juga memilih mereka yang memenuhi standar,” kata Amex demikian Slamet Thohari biasa disapa. Karena itu, pihaknya pun tidak menerima pelamar yang tidak memenuhi standar.

Ajang pameran pendidikan seperti ini menurutnya bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan dan memperkenalkan kepada publik terkait kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk menempuh studi pendidikan tinggi. “Respon masyarakat terhadap informasi dan program yang kami tawarkan cukup bagus,” kata dia. “UB telah memberi harapan baru pada penyandang disabilitas untuk melanjutkan kuliah dan mewujudkan mimpi mereka,” Amex menambahkan. Meskipun begitu, masih ada saja orang tua yang menanyakan kemungkinan program serupa dibuka di Surabaya. Pasalnya, banyak diantara mereka yang berat melepas anak-anak penyandang disabilitas tersebut untuk kuliah di Malang dan jauh dari orang tua.

Selain UB, pameran ini juga diikuti Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMP LB) dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMA LB) di Jawa Timur. Berbagai kegiatan yang diselenggarakan seperti pentas seni, talk show, fashion show, gamelan, kuis dan aneka perlombaan.

Sebuah Politeknik di Surabaya, menurut Amex juga sempat mengunjungi stan UB dan menanyakan kebutuhan para penyandang disabilitas untuk menjadi referensi terkait teknologi dan pembuatan alat bantu yang bermanfaat. [nok]

sumber: http://prasetya.ub.ac.id/berita/PSLD-UB-Buka-Stan-Di-Ajang-Pameran-Pendidikan-Anak-Berkebutuhan-Khusus-11147-id.html