PSDL UB Adakan Pelatihan “Disability Awareness”

Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya (PSDL-UB) mengadakan pelatihan “Disability Awarness” dan bahasa isyarat selama dua hari (23-24/6).

Pelatihan ini bertujuaan untuk membekali para volunteer yang akan mendampingi mahasiswa penyandang disabilitas yang akan kuliah di Universitas Brawijaya nantinya.

“Pelatihan ini dimaksudkan untuk membekali para volunteer agar mereka sensitif terhadap difabel dan memahami apa saja yang harus dilakukan selama mendampingi. Pelatihan ini sekaligus membekali mereka pengetahuan tentang hak-hak difabel dalam dunia pendidikan serta pentingnya pendidikan bagi penyandang difabel,”kata ketua Pusat Studi dan Layanan Disabilitas, Fadila Putra.

Dalam pelatihan yang diikuti oleh 18 volunteer ini,  para peserta diberi materi berupa pendidikan inklusif, kelas yang adaptif bagi difabel serta hal-hal teknis dalam mendampingi difabel dalam kelas.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat dan saya merasa mendapat ilmu baru. Dalam pelatihan ini saya merasakan dan menemukan komunitas baru disini. Selain itu saya juga senang bisa dibekali ilmu untuk berbagi dengan yang lain. Sungguh ini merupakan pengalaman yang tidak bisa dilupakan,”kata salah satu peserta Dicky.

Di dalam kelas nanti, agar difabel tidak ketinggalan dan bisa mengkases informasi  yang disampaikan oleh dosen, maka pendamping akan dibekali dengan bahasa isyarat. Dengan begitu, difabel dapat mengerti apa yang disampaikan oleh dosen di kelas lewat sang pendamping.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi tujuan Brawijaya yang telah berkomitmen untuk menjadi kampus yang iklusif, bermanfaat buat pendamping dan tentu bermanfaat untuk mahasiswa penyandang disabilitas yang akan belajar di Brawijaya,”kata Sekretaris PSLD Slamet Thohari.

Dalam pelatihan tersebut, selain dari tim PSLD, materi juga disampaikan oleh pelatih tunarungu dari Yogyakarta yang sudah lama memberi pelatihan berupa materi bahasa isyarat di berbagai tempat dan komunitas.

“Kami berencana akan mengadakan pelatihan ini setiap semester untuk membekali pendamping bagi mahasiwa penyandang disbailitas. Pelatihan ini merupakan kesiapan kami untuk mewujudkan kampus yang ramah terhadap difabel, serta kesiapan PSLD sebagai lembaga yang akan memberi dampingan ke mereka selama kuliah di Brawijaya,”Fadilah Putra menambahkan. [Slamet Tohari/Oky]

sumber: http://prasetya.ub.ac.id/berita/PSDL-UB-Adakan-Pelatihan-Disability-Awareness-10664-id.html