PROFIL

Selamat Datang di Web Site kami

prof DjitoPSLD-UB atau Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya adalah sebuah lembaga kampus yang didirikan tahun 2012. Bertujuan untuk memberikan pelayanan bagi penyandang  disabilitas dan mewujudkan kampus Brawijaya sebagai kampus inklusif, selain itu, PSLD juga bertujuan pengembangan secara isu-isu penyandang disabilitas secara akademik dan memberikan pengabdian pada masyarakat untuk memajukan agar kehidupan penyandang disabilitas lebih baik dan mendapat kesamaan hak dalam kehidupan bermasyarakat.

Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya (PSLD UB) merupakan sebuah lembaga di bawah naungan Universitas Brawijaya yang memiliki fungsi sebagai pusat penelitian terkait isu-isu disabilitas dan juga menyediakan layanan bagi para penyandang disabilitas yang ada di lingkungan Universitas Brawijaya, tepatnya mahasiswa penyandang disabilitas. Lembaga ini berfungsi untuk mengakomodir para penyandang disabilitas agar dapat menempuh pendidikan di Universitas Brawijaya. Selain itu, PSLD UB juga mengembangkan isu-isu disabilitas, baik melalui penelitian-penelitian maupun mengadakan seminar. Seminar-seminar disabilitas yang dilaksanakan bertujuan untuk mengedukasi serta mengenalkan masyarakat terhadap kehadiran dan isu-isu disabilitas sehingga masyarakat bisa menjadi lebih peka terhadap keberadaan penyandang disabilitas di sekitarnya. Seminar ini biasanya tidak diadakan secara tunggal oleh PSLD UB, tetapi lebih kepada kerjasama bersama dengan pihak atau lembaga lain.

Selain dalam hal pelaksanaan seminar, PLSD UB juga menjalankan program-program penelitian yang memang diadakan untuk mewujudkan tujuan PSLD UB yang ingin mengembangkan isu-isu disabilitas sehingga pada akhirnya bisa memberi solusi-solusi inovatif terkait dengan isu-isu disabilitas. Penelitian yang dilakukan oleh PSLD UB tidak hanya berkisar kepada penelitian masyarakat penyandang disabilitas di lingkup Universitas Brawijaya saja, tetapi juga melakukan penelitian dengan lingkup daerah (Kota Malang).

Di samping itu, sebagai lembaga disabilitas di Universitas Brawijaya, PSLD UB berkewajiban untuk melaksanakan tugas pelayanan. Pelayanan ini dilakukan dalam berbagai bentuk dengan tujuan yang sama, yaitu memberikan pelayanan kepada penyandang disabilitas yang ada di lingkungan Universitas Brawijaya. Bentuk-bentuk pelayanannya antara lain berupa pendampingan bagi mahasiswa penyandang disabilitas dalam kaitannya dengan kegiatan akademik; mengadakan akomodasi bagi penyandang disabilitas; dan lain sebagainya.pak amex

Keberadaan PSLD UB menjadi ujung tonggak pelaksana terwujudnya universitas yang inklusif bagi para penyandang disabilitas. Namun apa yang dilakukan oleh PSLD UB tidak akan berarti tanpa kerjasama yang dijalin dengan pihak lain, terutama masyarakat Universitas Brawijaya. Program kerja yang dicanangkan pun membutuhkan keterlibatan masyarakat Universitas Brawijaya, misalnya dengan merekrut mahasiswa Universitas Brawijaya sebagai pendamping bagi mahasiswa penyandang disabilitas. Pendampingan ini penting perannya dalam pelaksanaan kegiatan di PSLD, terutama dalam hal perkuliahan bagi mahasiswa penyandang disabilitas.

Selain mengupayakan menjadi kampus yang aksesibel bagi penyandang disabilitas, memberikan pelatihan pada dosen-dosen perihal pengajaran bagi penyandang disabilitas, dan disability awarness, PSLD telah membidani Progam SPKPD (Sistem  Penerimaan Khusus Penyandang Disabilitas) . Yaitu kebijakan affirmatif action bagi penyandang disabilitas untuk masuk perguruan tinggi. untuk Kesungguhan PSLD Brawijaya menjadikan Universitas Bawijaya sebagai pelopor dan model kampus inklusif bagi penyandang disabilitas di Indonesia. PSLD UB juga telah menjadi pelopor dan tuan rumah untuk  pertemuan kampus Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia yang menghasilkan Deklarasi Malang (9-10 November, 2012) yang berupa penandatanganan perguruan tinggi untuk menjadi inklusif.  Selain itu pada tahun 2013, PSLD telah melakukan 10 penilitian sekitar isu disabilitas, dan salah satunya adalah perihal keuangan inklusif bagi penyandang disabilitas.

  1. Pelopor Kampus Inklusif di Indonesia bagi Penyandang Disabilitas
  2. Workshop Pelatihan kebijakan publik dan advokasi bagi Penyandang Disabilitas di Jawa Timur
  3. Terlibat dalam Drafting Peraturan Daerah no 3 tahun 2013 perihal perlindungan dan Pelayanan bagi Penyandang Disabilitas
  4. Menjembatani penyandang disabilitas dengan perusahaan dalam akses kerja yang diwujudkan dalam workshop ketenegakerjaan
  5. Monitoring Pendidikan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas di Jawa Timur
  6. Seminar International perihal Disabilitas
  7. Menerbitkan Journal Disabilitas
  8. Penelitian perihal isu disabilitas (tahun 2013, melakukan 10 Penelitian)
  9. dll