Pengumuman Penerimaan Mahasiswa Baru Difabel

PENGUMUMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU MELALUI SELEKSI PROGRAM KHUSUS PENYANDANG DISABILITAS (SPKPD) TAHUN 2017

 

PENDAHULUAN

SPKPD adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Brawijaya (UB) yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas. Panitia SPKPD akan melakukan rangkaian seleksi terhadap calon mahasiswa penyandang disabilitas yang memiliki kapabilitas sesuai dengan Jurusan yang dipilih. Setiap penyandang disabilitas memiliki kesempatan untuk memperoleh beasiswa sesuai dengan persyaratan masing-masing beasiswa. Rangkaian SPKPD yaitu :

Tahap 1  : Pendaftaran peserta SPKPD UB.

Tahap 2 : Simulasi materi dasar dalam perkuliahan yaitu Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris yang akan dilaksanakan selama satu hari

Tahap 3 : Psikotes dan tes kesehatan selama satu hari

Tahap 4 : Tes wawancara terhadap calon mahasiswa dan orangtua calon mahasiswa  selama satu hari

Tahap 5 : Pengumuman hasil penerimaan dan pemberkasan

 

PROSEDUR PENDAFTARAN :

  1. Mengunduh (download) formulir pendaftaran di di website www.selma.ub.ac.id
  2. Mengisi formulir pendaftaran dan mengirimkan formulir pendaftaran ke email: penerimaan.psldub@gmail.com atau psldbrawijaya@ub.ac.id
  3. Peserta yang lolos seleksi administrasi, membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.500.000,- pada Bank BNI di semua cabang seluruh Indonesia dan kemudian akan dilakukan pemanggilan untuk mengikuti tahap rangkaian tes selanjutnya di Universitas Brawijaya.
  4. Keputusan yang dibuat oleh panitian SPKPD tidak dapat diganggu gugat.

 

PERSYARATAN UMUM :

  1. Peserta SPKPD adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dan penyandang disabilitas
  2. Calon mahasiswa mampu melakukan imbulasi atau mobilitas dengan atau tanpa alat bantu
  3. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/SMALB pada tahun lulusan 2015, 2016, atau 2017.

 

 

 

JADWAL SELEKSI PROGRAM KHUSUS PENYANDANG DISABILITAS

  1. Pendaftaran SPKPD : 13 Juni – 7 Juli 2017
    2. Verifikasi Data : 10 Juli 2017
    3. Pengumuman seleksi administratif : 11 Juli 2017
    4. Pembayaran biaya pendaftaran      : 12 Juli  – 17 Juli 2017
    5. Psikotes dan tes kesehatan              : 18 Juli 2017
    6. Simulasi perkuliahan                       : 19 Juli 2017
    7. Tes wawancara                               : 20 Juli 2017
    8. Pengumuman akhir                         : 25 Juli 2017

BERKAS YANG DIBAWA DAN DISERAHKAN PADA SAAT MENGIKUTI RANGKAIAN TES SPKPD :

  1. Bukti pembayaran biaya pendaftaran
  2. Kartu tanda peserta SPKPD
  3. Pas foto 4×6 sebanyak 3 lembar (berwarna/hitam putih)
  4. Kartu identitas (KTP/Kartu Pelajar/SIM/Paspor), dan menyerahkan copy sebanyak 2 lembar
  5. Ijazah SMA/SMK/SMALB/MA atau sederajat, dan menyerahkan copy sebanyak 2 lembar
  6. Rapor SMA/SMK/SMALB/MA atau sederajat, dan menyerahkan copy sebanyak 2 lembar
  7. Akta kelahiran dan kartu Keluarga, dan menyerahkan copy sebanyak 2 lembar
  8. Surat keterangan perihal disabilitas yang dialami dari Dokter/Rumah Sakit/Puskesmas, dan menyerahkan copy
    sebanyak 2 lembar. Format surat keterangan disabilitas dapat diunduh di website Seleksi Masuk UB: www.selma.ub.ac.id atau di website PSLD UB: www.psld.ub.ac.id
  9. Surat rekomendasi dari guru atau wali kelas SMA/SMK/SMALB/MA atau sederajat. Format surat rekomendasi dapat diunduh di website Seleksi Masuk UB: www.selma.ub.ac.id atau di website PSLD UB: www.psld.ub.ac.id
  10. Slip gaji orang tua (maksimal 2 bulan terakhir), dan menyerahkan copy sebanyak 2 lembar
  11. Jika poin (9) dan (10) tidak dapat dipenuhi, maka peserta dapat menyerahkan surat keterangan RT/RW tentang kondisi perekonomiannya
  12. Surat penghargaan atau sertifikat prestasi tertentu (bagi yang memiliki), dan menyerahkan copy sebanyak 2 lembar.

 

LAIN-LAIN

  • Pertanyaan atau informasi silakan menghubungi PSLD-UB (Gedung Senat Lantai I Rektorat UB) Telp (0341) 551611 Pesawat 149 / HP. 085649605123
  • Silakan menghubungi pada waktu dan jam kantor (08.00 – 15.00 WIB)

 

Malang, 13 Juni 2017

Rektor

Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS.

Posted in: