Lomba Karya Ilmiah bagi Guru SMA (Sederajat) dan Dosen

Pendidikan adalah hak bagi semua individu, termasuk kelompok minoritas. Sesuai dengan amanah UU No 8 Tahun 2016 maka seluruh lembaga pendidikan diharapkan dapat melayani penyandang disabilitas dan memenuhi hak untuk memperoleh aksesibilitas yang setara dengan masyarakat lainnya. Dukungan layanan dan aksesibilitas pendidikan bukanlah praktik yang mudah. Para pendidik banyak menemukan tantangan dalam menerapkan pembelajaran bagi penyandang disabilitas. Namun demikian tidak sedikit pula dengan minat yang kuat, kreativitas, dan ketekunan tinggi mampu menerapkan pembelajaran bagi penyandang disabilitas dan merancang dukungan untuk aksesibilitas pendidikan yang optimal bagi penyandang disabilitas.

PSLD (Pusat Studi Layanan Disabilitas) Universitas Brawijaya mengundang seluruh pendidik (guru dan dosen) yang memiliki ketertarikan dalam pendidikan inklusif dan pendidikan bagi penyandang disabilitas, untuk turut serta dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah untuk guru SMA/sederajat dan dosen se-Jawa Timur dengan mengusung tema “Praktik Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas”. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menyebarkan gagasan dan praktik-praktik dalam pelayanan dan aksesibilitas pendidikan bagi penyandang disabilitas. Lomba ini sekaligus sebagai bentuk apresiasi PSLD UB bagi para para pendidik yang memiliki perhatian dan bersedia mendukung aksesibilitas pendidikan bagi penyandang disabilitas.

Terdapat 2 kategori lomba yaitu:

  1. Kategori Guru SMA dan yang sederajat
  2. Kategori Dosen Pemula (mamiliki jabatan fungsional asisten ahli atau belum memiliki jabatan fungsional)

Artikel karya ilmiah dikirimkan maksimal tanggal 24 Oktober 2017. Akan dipilih 10 orang finalis untuk masing-masing kategori dan dinilai melalui presentasi oral pada tanggal 8 November 2017 di PSLD Universitas Brawijaya Malang. Untuk masing-masing kategori akan dipilih juara 1, 2, dan 3. Total hadiah yang diperebutkan sejumlah Rp 10.000.000,00. Seluruh finalis akan mendapatkan sertifikat penghargaan. Tidak dipungut biaya untuk mengikuti lomba ini.

Berikut adalah link untuk mendownload berkas terkait dengan Lomba Karya Tulis Ilmiah

  1. Acuan Lomba
  2. Formulir pendaftaran dan formulir pernyataan
  3. Template karya tulis ilmiah