Sekilas Sejarah Kursi Roda

Artikel

oleh: Mary Bellis

Sebenarnya tidak begitu pasti rupa kursi roda pertama, atau siapa yang menemukannya. Kursi roda yang diketahui dalam sejarah pertama kali (ditemukan pada 1595 dan disebut “kursi cacat”) dibuat untuk Phillip II. Tidak diketahui siapa penemunya. Pada 1655, Stephen Farfler, seorang pembuat jam yang mengalami kelumpuhan pada bagian bawah tubuhnya, membuat kursi roda yang dapat terdorong sendiri dengan rangka yang ditopang tiga roda.

Kursi Roda Bath

Pada 1783, John Dawson dari Bath, Inggris, menemukan kursi roda yang diberi nama dengan nama daerah ia berasal, Bath.

Dawson mendesain kursi dilengkapi dua roda besar dan satu roda kecil. Kursi roda Bath laku terjual melebihi kursi roda lain selama awal abad kesembilan belas.

Akhir 1800-an

Bagaimana pun, kursi roda Bath tidak cukup nyaman dan selama paruh terakhir abad 19 banyak pengembangan pada kursi roda. Sebuah paten kursi roda pada 1869 menunjukkan model pertama dengan pegangan pendorong di bagian belakang dan pengail kecil di bagian depan. Pada 1867 hingga 1879, antarpara penemu kursi roda menambahkan karet ban seperti karet pada roda sepeda pancal. Pada 1881, pendorong roda yang dapat digerakkan dengan tangan pengendara ditemukan.

1900an

Pada 1900, ruji roda pertama kali digunakan untuk kursi roda. Pada 1916, kursi roda bermotor atau terlengkapi mesin dibuat di London.

Kursi Roda Lipat

Pada 1932, seorang insinyur, Harry Jennings, membuat kursi roda lipat pertama, dengan bahan pipa baja. Model ini merupakan model kursi roda yang lumrah kita lihat dan gunakan di zaman modern ini.

Kursi roda lipat ini dibuat untuk teman Jennings yang lumpuh bernama Herbert Everest. Bersama-sama mereka mendirikan Everest & Jennings, sebuah perusahaan yang menguasai pasar kursi roda selama bertahun-tahun. Antitrust Suit (undang-undang yang menentang penggabungan industri-industri) sebenarnya digunakan untuk melawan dominasi Everest & Jennings oleh Department of Justice, yang akhirnya menetapkan standar harga kursi roda.

Kursi Roda Elektrik

Kursi roda pertama dapat digerakan sendiri oleh penggunanya. Tentu jika si pengguna tidak dapat melakukan itu, maka orang lain harus mendorongnya dari belakang. Kursi roda elektrik adalah model di mana mesin kecil dapat mengatur gerak dan putarannya. Usaha untuk menciptakan kursi roda elektrik ini dimulai sejak 1916, meskipun tidak ada produksi komersil yang berhail pada saat itu.

Kursi roda elektrik pertama ditemukan oleh penemu Kanada, George Klein dan temannya sesame insinyur ketika bekerja untuk National Research Council of Canada dalam program yang dimaksud untuk membantu para veteran yang terluka karena Perang Dunia Kedua. Pada saat yang sama, George Klein juga menciptakan microsurgical staple gun.

Everest & Jennings, perusahaan yang juga membuat kursi roda lipat, melakukan produksi massal terhadap kursi roda elektrik sejak 1956.

Kontrol Pikiran

John Donoghue dan Braingate menciptakan teknologi kursi roda yang dimaksudkan untuk orang degan keterbatasan bergerak.

Alat BrainGate ini ditanamkan pada otak orang tersebut dan dihubungkan ke komputer yang dapat menerima pesan mental pengguna sehingga kursi roda dapat bergerak sesuai apa yang ia inginkan. Teknologi baru ini disebut BCI atau brain-computer interface.

Diterbitkan di https://www.thoughtco.com/history-of-the-wheelchair-1992670 dan diterjemahkan oleh Mahalli.

Avatar
Mahalli
Studying Economic Sociology, Environmental Sociology, and Social Inequality