Fikri dan Rieka memberikan pelatihan bahasa isyarat untuk dosen Universitas Brawijaya di Lantai 10 Gedung Layanan Bersama UB, 30 Juli 2018.

Sebab-Sebab Orang Menjadi Tuli

Pernahkah kau datang ke suatu tempat yang ternyata di sana kaulihat orang duduk berkelompok asik bercengkrama tanpa suara, menggerakkan tangan sambil terkadang menunjuk-nunjuk lalu kemudian tertawa? Di banyak tempat seperti di kafe, taman, car free day, pantai, mall, bahkan di lampu merah, mereka mudah ditemui. Ya, semakin ke sini orang yang tidak bisa mendengar semakin tidak malu untuk menampakkan diri. Seakan-akan telah terbebas dari kurungan.

Keberanian orang yang tidak bisa mendengar (Tuli) untuk muncul ke ranah publik dan bergabung dengan masyarakat lainnya membuat banyak orang bertanya apa sebenarnya penyebab orang menjadi Tuli. Saya sebagai seseorang yang sudah 26 tahun tidak bisa mendengar ingin menjawab rasa penasaranmu.

Penyebab Ketulian

Terlalu sering mendengar suara nyaring

Satu menit, dua menit, dan seterusnya, mendengarkan suara nyaring itu tidak apa-apa. Tapi kalau sampai dua hingga tiga jam dan itu setiap hari maka akan terjadi penurunan fungsi pendengaran. Contohnya orang yang kerja di bagian mesin PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel), di pabrik, pengeboran, club malam, atau menggemari musik dengan suara keras.

Faktor U

Ada orang di usia muda dapat mendengar dengan baik, di usia lanjut pendengarannya menurun. Seperti yang terjadi pada paman kerabatku, berusia 60 tahun dan beliau sekarang pakai ABD (Alat Bantu Dengar).

Genetik

Faktor keturunan atau genetik bisa menjadi penyebab orang menjadi Tuli. Bisa jadi kakek atau nenek, mbah buyut, dan seterusnya, dari orang Tuli memiliki riwayat sebagai Tuli. Di generasi ke sekian, lahirlah anak yang tidak bisa mendengar. Ada orang tua yang Tuli memiliki anak yang juga Tuli, tapi banyak juga yang melahirkan anak bisa mendengar walaupun kedua orang tuanya tidak bisa mendengar. Wallahu a`lam.

Bawaan Lahir

Pada masa kehamilan ibu terkena virus atau bisa juga karena penggunaan obat yang tidak tepat sehingga anak yang dilahirkan tidak bisa mendengar.

Kecelakaan

Ada orang yang terlahir dengan kemampuan mendengar, namun di usia tertentu terjadi kecelakaan (contoh jatuh dari sepeda, menabrak pohon, kecelakaan mobil/motor, dsb). Orang yang Tuli dengan sebab kecelakaan biasanya memiliki kemampuan berbicara yang baik dan cukup jelas karena sebelumnya pernah medengar suara.

Penyakit dan sebab lainnya

Itu beberapa sebab orang jadi tidak bisa mendengar. Kalau masih penasaran, silakan saja tanya pada mereka (Tuli). Insya Allah kalau tanya baik-baik, apalagi bertanya menggunakan bahasa isyarat, mereka (Tuli) tidak akan tersinggung kok. Semoga informasi ini menambah wawasan kita semua.