Kilas Isu Disabilitas 2019: Sejauh Mana Kita Melangkah?

Informasi

Desember

Koalisi Nasional Pokja Implementasi UU Penyandang Disabilitas menolak Rancangan Perpres tentang Komisi Nasional Disabilitas yang diinisiasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB). Rancangan Perpres ini merupakan perintah dari Pasal 134 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

November

Mukhanif Yasin Yusuf mepetisi sejumlah poin dalam persyaratan CPNS yang dinilai mendiskriminasi bentuk-bentuk disabilitas tertentu. Petisi di di Change.org tersebut ditujukan kepada Presiden Joko Widodo, Pemerintah Indonesia, dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Oktober

Pemerintah mengesahkan dua Peraturan Pemerintah (PP), yaitu PP Nomor 70 Tahun 2019 tentang Perencanaan, Penyelenggaraan, dan Evaluasi terhadap Penghormatan, Pelindungan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

September

AIDRAN, PSLD UB, FH UB, dan Universitas Brawijaya menyelenggarakan The 2nd International Conference on Disability and Diversity in Asia.

Agustus

Ombudsman RI mengindikasikan adanya maladministasi di Solok Selatan pada kasus CPNS disabilitas terkait drg. Romi yang sebelumnya dibatalkan menjadi calon pegawai negeri sipil.

Untuk pertama kalinya, bertepatan dengan Iduladha, Masjid Istiqlal Jakarta terbuka dan memfasilitasi kebutuhan penyandang disabilitas.

Juli

Romi Syofpa Ismael, dokter gigi penyandang disabilitas di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, batal menjadi calon pegawai negeri sipil meskipun dinyatakan lulus. Pemerintah kabupaten membatalkan status CPNS dokter berusia 32 tahun itu karena dinilai tidak sehat secara jasmani.

Peraturan Pemerintah (PP) tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Bagi Penyandang Disabilitas Nomor 52 Tahun 2019 disahkan.

Juni

Seorang penyandang disabilitas wicara menjadi korban pelecehan seksual oleh oknum PNS PNS Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat.

Mei

Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat, mengangkat Dina Novista Noach, seorang penyandang disabilitas, untuk menjadi staf khusus gubernur dalam bidang inklusi sosial.

April

Pemerintah mengesahkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Akses terhadap Ciptaan bagi Penyandang Disabilitas dalam Membaca dan Menggunakan Huruf Braille, Buku Audio, dan Sarana Lainnya.

Maret

Koalisi Gerakan Perempuan Disabilitas menemui Komisi VIII DPR RI agar mempercepat pembahasan dan pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual.

MRT (Moda Raya Terpadu) Jakarta diujicobakan ke publik dengan melibatkan penyandang disabilitas dalam kegiatan Uji Coba Publik Sahabat Disabilitas.

Februari

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Pusat Pemilihan Umum Akses Penyandang Disabilitas (PPUA Disabilitas) menyelenggarakan sosialisasi dan simulasi pemungutan suara Pemilu 2019 bagi pemilih penyandang disabilitas di Kementerian Sosial, Jakarta.

Januari

Forum Akademisi Luar Biasa menggelar Aksi Jalan Mundur di Kota Bandung untuk memprotes Permensos Nomor 18 Tahun 2018 yang berimbas pada perubahan panti menjadi balai.

Avatar
Mahalli
Studying Economic Sociology, Environmental Sociology, and Social Inequality